Kompas.com - 21/06/2015, 17:01 WIB
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorJosephus Primus


JAKARTA, KOMPAS.com - Terkoneksinya mesin anjungan tunai mandiri (ATM) bank-bank BUMN akan segera terwujud. Bahkan, Direktur Utama Bank Mandiri Budi G. Sadikin sudah memberi bocoran perihal ATM empat bank BUMN itu. "Insya Allah nanti bulan depan kita mau tunjukkan barangnya. Mungkin di Agustus (diluncurkan), pas 17 Agustus bagus (diluncurkannya)," ujar Budi saat ditemui usai buka puasa bersama di rumah dinas Menteri BUMN Rini Soemarno, Jakarta, Sabtu malam (20/6/2015).

Lebih lanjut dia menuturkan, ATM tersebut nantinya dimiliki oleh empat bank BUMN yaitu Mandiri, BNI, BRI, dan BTN yang tergabung dengan nama Himpunan Bank Negara (Himbara). Bahkan, di ATM itu kata Budi, akan tertera nama Himbara dan terdapat logo berwarna merah-putih, seperti bendera Indonesia.

Dengan adanya ATM bersama itu, empat bank BUMN bisa lebih efisien. "Misalnya kan kalau beli 1.000 ATM harganya A. Sekarang harga itu dibagi 4 bank BUMN," kata Budi.

Menurut dia, pada tahap awal, ATM tersebut akan dimulai di 50 titik di Indonesia. Namun terkait tempat pastinya, Budi mengaku tak begitu tahu persis. "Kalau sesama bank Himbara enggak bayar (biaya transaksi ATM-nya). Pokoknya ATM itu seakan-akan milik Mandiri, BNI, BRI, BTN. Jadi milik kita berempat deh (ATM itu)," demikian Budi G. Sadikin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.