Kompas.com - 25/06/2015, 15:40 WIB
Garuda Indonesia KOMPAS.com/ Bambang PJGaruda Indonesia
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Mulai 1 Juli 2015, PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) akan menerapkan penggunaan mata uang rupiah untuk transaksi pembayaran tiket penerbangan internasional di Indonesia.

Hal ini sejalan dengan diberlakukannya Peraturan Bank Indonesia Nomor 17/3/PBI/2015 tentang kewajiban penggunaan rupiah sebagai alat transaksi. Penerapan kebijakan ini berlaku untuk seluruh channel distribution. Seperti, pembelian tiket di sales outlet, contact center, hingga travel agent.

"Pelaksanaan aturan ini kami yakini dapat menjaga kestabilan nilai tukar rupiah serta akan memperkuat perekonomian Indonesia," ujar Handayani, Direktur Niaga Garuda Indonesia dalam pernyataan resmi, Kamis (25/6/2015).

Terkait dengan penerapan itu, BUMN penerbangan ini juga berkoordinasi dengan International Air Transport Association (IATA) guna memastikan kebijakan dapat terimplementasikan dengan baik.

Bersama dengan IATA, Garuda Indonesia saat ini sedang mengembangkan platform pendukung dalam penerapan penggunaan rupiah pada sistem ticketing untuk transaksi pembayaran tiket internasional. Perseroan berharap, hal tersebut sudah bisa dapat terimplementasi pada 2016 mendatang. (Amailia Putri Hasniawati)Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Sumber Kontan
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.