Wapres: Kalau Kau Beli iPad di Glodok, Jangan Pakai Dollar...

Kompas.com - 26/06/2015, 16:09 WIB
Wakil Presiden Jusuf Kalla Icha RastikaWakil Presiden Jusuf Kalla
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Merespons terus turunnya nilai tukar rupiah, Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla menggelar rapat kordinasi bersama sejumlah menteri, membahas penggunaan mata uang.

Rapat tersebut digelar di kantor Wakil Presiden RI, Jakarta Pusat, Jumat (26/6/2015). Dalam rapat hadir Menteri Kordinator Perekonomian, Sofyan Djalil, Menteri Perhubungan, Ignasius Jonan dan Menteri Perdagangan, Rahmat Gobel.

Jusuf Kalla kepada wartawan sebelum rapat dimulai menyebutkan bahwa pemerintah harus mengeluarkan kebijakan untuk membendung dominasi penggunaan dollar Amerika Serikat (AS), disamping terus berusaha agar dollar bisa masuk ke dalan negeri.

"Itu yang akan kita bicarakan, tentu bagaimana caranya karena kalau dollar (AS) masuk beli barang itu juga devisa masuk sebenarnya, jadi bagaimana aturannya kita lebih perjelas," katanya.

Ia mengimbau masyarakat untuk menggunakan rupiah bila bertransaksi.

Dalam kesempatan itu ia juga menyindir pedagang elektronik di kawasan Glodok, Jakarta Barat, yang bertransaksi menggunakan dollar AS.

"Beli barang di toko ya tentu jangan pakai dollar lah, Kalau kau beli iPad di Glodok, jangan pakai dollar, tapi pakai rupiah," ujarnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dengan mengurangi penggunaan dollar AS dan mendorong penggunaan rupiah, diharapkan nilai tukar rupiah terhadap dollar AS akan kembali membaik. (Nurmulia Rekso Purnomo)Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.