Kompas.com - 29/06/2015, 09:37 WIB
Ekskavator buatan anak negeri, PT Pindad (Persero), Excava 200, akan diluncurkan pada 17 Agustus 2015, Bandung, Sabtu (27/6/2015). Ekskavator yang dibanderol kisaran 90.000-110.000 dollar AS ini diharapkan bisa menjadi produk substitusi impor. ESTU SURYOWATI/Kompas.comEkskavator buatan anak negeri, PT Pindad (Persero), Excava 200, akan diluncurkan pada 17 Agustus 2015, Bandung, Sabtu (27/6/2015). Ekskavator yang dibanderol kisaran 90.000-110.000 dollar AS ini diharapkan bisa menjadi produk substitusi impor.
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan senjata nasional, PT Pindad (Persero) membuat excavator dengan kapasitas angkut hingga 20 ton. Direktur Utama PT Pindad Silmy Karim bercerita soal kronologis dan ide awal perusahaan pelat merah ini untuk bikin excavator.

Silmy mengatakan, ide membuat excavator sudah tercetus sejak pertama dia menjadi direktur utama perseroan sekitar 6 bulan lalu.

"Pertama saya masuk Pindad, saya tanya kepada tim, apakah teknologi kita bisa bikin excavator? Kita sudah bisa bikin hydraulic untuk kapal dan pelabuhan, mereka bilang excavator juga bisa, kalau bisa kenapa tidak? karena teknologi sudah kami kuasai," ujar Silmy melalui telepon pada Kontan, Minggu (28/6/2015).

Kemudian tim Pindad bekerja membuat excavator tersebut. Silmy lalu bercerita kepada Menteri Perindustrian, Menteri Bappenas, dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. "Mereka mendukung," ujar Silmy.

Pembuatan excavator terus dibuat dan pada akhir Mei prototype sudah selesai. "Saya kemudian lapor ke Bu Rini (Menteri BUMN), kemudian beliau tertarik, dan saya perlihatkan kemarin," ujar Silmy.

Dengan Pindad mampu memproduksi excavator menandai perusahaan ini masuk ke bisnis alat berat. Sebelumnya perusahaan telah berkecimpung di lini usaha senjata, munisi, kendaraan Khusus (tank, panser), tempa dan cor, mesin Industri dan Jasa, serta bahan Peledak Komersial. (Benediktus Krisna Yogatama)Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Sumber
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.