Utang 35 PDAM Sebesar Rp 4 Triliun “Diputihkan”

Kompas.com - 29/06/2015, 19:46 WIB
Ribuan warga di Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan mengeluhkan buruknya pelayanan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) setempat. Selasa, (17/09/2013). KOMPAS.com / ABDUL HAQRibuan warga di Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan mengeluhkan buruknya pelayanan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) setempat. Selasa, (17/09/2013).
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengatakan pemerintah sudah menyepakati melakukan penghapusan utang terhadap 35 Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) yang terlilit utang.

“Menkeu mau memutihkan utang 35 PDAM. Total semua utang PDAM sebesar Rp 4 triliun,” kata Basuki, Jakarta, Senin (29/6/2015).

Basuki berharap pemutihan utang ke-35 PDAM itu bisa dilakukan tahun ini juga. Basuki menjelaskan, tujuan dari pemutihan utang ini adalah agar PDAM bisa lebih sehat dan berinvestasi menambah layanan.

Masih banyaknya PDAM yang kurang sehat ini juga menjadi salah satu pertimbangan pemerintah untuk memberikan kesempatan kepada swata dalam pengusahaan air minum dan pengusahaan sumber daya air.

“Masih banyak PDAM yang kurang sehat, sehingga masih diberikan kesempatan pada swasta karena BUMD sendiri belum tentu,” pungkas Basuki.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.