Lion Air, Citilink, Indonesia AirAsia X dan BatikAir Diupayakan Bisa Terbang ke Eropa

Kompas.com - 30/06/2015, 04:08 WIB
Armada Airbus A320 Batik Air dok Lion GrupArmada Airbus A320 Batik Air
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski otoritas penerbangan Eropa telah merilis daftar maskapai yang tak diperbolehkan terbang ke benua biru itu, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tetap akan berupaya meloloskan sejumlah maskapai untuk bisa terbang ke Eropa.

Rencananya, sejumlah maskapai akan dibawa untuk presentasi langsung di Eropa. "Rencana pada bulan November kita akan bawa temen-temen salah satunya kita akan bawa Citilink, kemudian dari Grup Lion Air, dan kemungkinan Indonesia Air Asia X karena mereka memiliki penerbangan inter nasional," ujar Direktur Kelaikan Udara dan Pengoperasian Pesawat Udara Kemenhub Muzaffar Ismail di Jakarta, Senin (29/6/2015).

Namun kata dia, sebelum akan membawa sejumlah maskapai tersebut ke Eropa, Kemenhub terlebih dahulu akan mengumpulkan maskapai tersebut. Tujuannya, utuk memberikan berbagai arahan terkait mekanisme presentasi tersebut. Dia berharap, nantinya maskapai Indonesia tak lagi dilarang terbang ke Eropa.

Sebelumnya, otoritas penerbangan Eropa kembali merilis daftar maskapai yang dilarang melakukan penerbangan ke kawasan itu. Dari Indonesia, hanya empat maskapai yang diizinkan terbang ke kawasan itu, dari keseluruhan maskapai nasional sebanyak 65 maskapai.

Dalam penjelasan resminya sebagaimana yang dipublikasikan di situs web otoritas penerbanganUni Eropa, dikutip Jumat (26/6/2015), disebutkan empat maskapai Indonesia yang diizinkan terbang ke kawasan tersebut adalah Garuda Indonesia, Airfast Indonesia, Ekspres Transportasi Antarbenua (Premiair), dan Indonesia Air Asia.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.