Kompas.com - 01/07/2015, 12:44 WIB
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com
– Operator eksisting Blok Mahakam, Kalimantan Timur, Total E&P Indonesie hingga kini belum sepakat mengenai pembagian saham (share down) antara pemerintah Indonesia dan operator eksisting.

“Sekarang Total belum sepakat. Tapi saya kira dalam waktu dekat akan ada pertemuan-pertemuan,” ucap Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Dwi Soetjipto, Jakarta, Selasa (30/6/2015).

Dwi menjelaskan, berdasarkan surat dari Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said, Pertamina menjadi operator dengan share 100 persen setelah kontrak berakhir.

Kemudian, Pertamina diperbolehkan menggandeng mitra untuk share down. “Jadi dengan Total, Inpex, dan BUMD. Oleh karena itu tetap akan ada hitung-hitungannya. Tapi akan kita bicarakan dengan Pemda untuk porsi BUMD,” sambung Dwi.

Sementara itu, mengenai pembagian saham antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah Kalimantan Timur melalui BUMD, Dwi menuturkan Pemda tetap memiliki kewajiban seperti pihak lain dalam kepemilikan sahamnya.

“Kalau Pemda enggak mampu, bisa kita carry, karena begitu arahan dari pemerintah agar manfaat porsinya Pemda betul-betul riil untuk Pemda,” kata mantan bos Semen Indonesia itu.

Dwi menjelaskan, jika Pemda keberatan dalam pemenuhan kewajibannya, maka Pertamina akan memberikan talangan terlebih dahulu.  Artinya, lanjut dia, segala kewajiban Pemda akan dipikul oleh Pertamina dahulu, baru kemudian Pemda membayar kepada Pertamina ketika bagi hasil mulai diperhitungkan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.