Menkeu: Pemerintah Tidak Masalah Bea Masuk Komponen Pesawat 0 Persen

Kompas.com - 04/07/2015, 17:48 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro mengatakan pemerintah khususnya Kementerian Keuangan tidak mempersoalkan jika bea masuk komponen pesawat nol persen.

"Kita sih enggak masalah karena BM itu bukan penghasilan kok buat kita," kata Bambang dalam sebuah diskusi, di Jakarta kemarin, Jumat (3/7/2015).

Bambang mengatakan bahkan pada waktu itu pihak Kementerian Keuangan yang justru mengumpulkan INACA untuk mengetahui komponen apa yang mesti dihapuskan bea masuknya.

"Kalau enggak salah ada 36 item yang mau dibebaskan. Sampai hari ini baru 7-8 yang kita setujui," sambung Bambang.

Menkeu menegaskan kembali bahwa bea masuk itu bukanlah andalan pemasukan negara, melainkan dampak dari penerapan sebuah kebijakan. Apabila dirasa penghapusan bea masuk komponen pesawat bisa mengembangkan industri aviasi, maka harus ada yang mengusulkan.

"Tapi ya yang mengusulkan harusnya Kementerian Perindustrian. Tapi mereka merasa ini nanti bisa mengganggu industri dalam negeri," kata Bambang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.