Kompas.com - 06/07/2015, 13:40 WIB
EditorBambang Priyo Jatmiko

ATHENA, KOMPAS.com — Menteri Keuangan Yunani Yanis Varoufakis mengumumkan pengunduran dirinya secara mendadak pada Senin (6/7/2015) di tengah penolakan masyarakat negara tersebut terhadap rencana dana talangan.

"Selanjutnya, setelah pengumuman hasil referendum, saya menjadi tersadar bahwa ada referensi tertentu dari partisipan Eurogroup (pertemuan menteri ekonomi negara-negara Eropa pengguna euro), serta berbagai macam partner dalam pertemuan tersebut," ujar Varoufakis, yang belakangan ini cukup rajin mengikuti diskusi dan debat dengan para debitor Yunani.

Varoufakis mengingatkan bahwa hasil referendum yang menunjukkan 60 persen penduduk menolak program dana talangan dan pengetatan anggaran oleh kreditor bakal harus dibayar mahal, seperti usaha mewujudkan hak-hak demokratis.

"Modal besar diberikan kepada pemerintah, dan modal itu harus segera diinvestasikan ke resolusi yang layak," ujarnya.

Menteri yang cukup vokal ini telah mengirim berbagai macam "guncangan" kepada Eurogroup sejak pengangkatannya sebagai Menteri Keuangan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.