Gubernur BI Akui Gagalnya Yunani Beri Tekanan pada Pasar Uang dan Pasar Modal

Kompas.com - 06/07/2015, 16:45 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com – Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus DW Martowadojo mengakui, gagalnya Yunani dalam melunasi utangnya akan memberikan tekanan terhadap pasar uang dan pasar modal.

Kabar baiknya, dampak di perdagangan dan investasi tak terlalu signifikan. “Jadi yang BI lihat adalah nanti akan ada tentu tekanan terhadap pasar uang dan pasar modal. Untuk itu kami yakini, ini bisa kita lewati dengan baik. Yang terpenting kita harus menjaga stabilitas ekonomi makro dan terus menjaga komunikasi kita,” ucap Agus, Jakarta, Senin (6/7/2015).

Agus mengatakan, dampak Yunani terhadap ekonomi makro ke tiap-tiap negara berbeda. Namun dia memastikan, otoritas moneter telah melakukan upaya-upaya antisipasi dan memintah masyarakat tidak perlu terlampau khawatir.

Justru faktor eksternal yang harus diwaspadai adalah normalisasi kebijakan Federal Reserve. Hanya saja, Agus menambahkan ada kemungkinan terjadinya pelarian modal dari negara-negara Eropa ke negara-negara safe haeven atau yang dianggap ekonominya baik, seperti Amerika Serikat dan Jepang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.