Yunani Tolak "Bailout", BI Siap Intervensi jika Rupiah Goyah

Kompas.com - 07/07/2015, 01:28 WIB
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorBayu Galih

JAKARTA, KOMPAS.com -- Bank Indonesia (BI) akan meningkatkan pengawasan terhadap gejolak rupiah pasca-hasil referendum Yunani yang menolak dana talangan dari kreditor internasional. Jika fundamental rupiah goyah, BI mengaku siap melakukan intervensi menggunakan cadangan devisa (cadev) secara terukur.

"Intervensi tidak semata-mata langsung menggunakan cadangan devisa tapi akan dilakukan secara terukur," ujar Direktur Departemen Komunikasi BI Peter Jacobs di Jakarta, Senin (6/7/2015).

Lebih lanjut dia mengatakan, meski siap menggunakan cadev untuk intervensi rupiah, BI tidak akan menghambur-hamburkan cadev. Oleh karena itu, persiapan kebijakan berupa kebijakan moneter juga akan disiapkan BI.

Meski siap dengan segala risiko, BI tetap berharap dampak penolakan bailout yang dilakukan Yunani tak banyak berpengaruh kepada Indonesia. Sebab, dari sisi perdagangan, hubungan Indonesia dengan Yunani tidak terlalu signifikan, sehingga kondisi ekonomi Yunani diyakini tak berpengaruh besar bagi neraca peradangan Indonesia.

Sementara itu dari sisi pasar keuangan, BI mengaku akan terlebih dahulu melihat perilaku para investor pasca-penolakan bailout oleh Yunani tersebut. Salah satu yang akan dicermati BI adalah perilaku investor dalam menjual asetnya untuk membeli dollar, sehingga menyebabkan rupiah melemah.

"Kami terus pantau rupiah setiap waktu. BI akan turun ke pasar kalau ada volatility yang di luar kewajaran," ucap dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.