Antisipasi Lonjakan Penumpang, Lion Group Ajukan 142 "Extra Flight" Per Hari

Kompas.com - 07/07/2015, 13:32 WIB
Ilustrasi. Pesawat Boeing 737-900ER milik maskapai penerbangan Lion Air. KOMPAS IMAGES/RODERICK ADRIAN MOZES Ilustrasi. Pesawat Boeing 737-900ER milik maskapai penerbangan Lion Air.
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Maskapai penerbangan yang tergabung dalam Lion Group, yakni Lion Air, Batik Air dan Wings Air telah mengajukan total 142 extra flight atau penerbangan tambahan per hari kepada Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk menghadapi lonjakan penumpang yang akan terjadi sejak H-7.

"Pada prinsipnya kami telah siap dalam menghadapi lebaran 2015 dan kami juga telah mengajukan extra flights untuk Batik, Lion dan Wings Air," ujar Presiden Direktur (Presdir) Lion Group Edward Sirait dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Jakarta, Selasa (7/7/2015).

Dia menjelaskan, tambahan 142 extra flight tersebut terbagi pada ketiga maskapai yang tergabung dalam Lion Grup yaitu Lion Air, Batik Air dan Wings Air. Porsi terbesar extra flight tersebut kata dia ada pada Lion Air.

Maskapai berlogo singa itu mengajukan extra flights untuk 85 rute tambahan setiap harinya terhitung dari tangga 10 Juli - 2 Agustus 2015. Dengan adanya 85 penerbangan tambahan setiap harinya atau total 2.040 penerbangan, Lion Air bisa mengangkut kurang lebih 408.000 penumpang dalam periode tersebut.

Selanjutnya Batik Air telah mengajukan extra flights untuk 24 rute tambahan setiap harinya terhitung dari tangga 10 July - 2 Agustus 2015. Dengan adanya 24 penerbangan tambahan setiap harinya atau total 576 flights, Batik Air bisa mengangkut kurang lebih 103.680 penumpang dalam periode tersebut.

Sementara itu, Wings Air telah mengajukan extra flights untuk 33 rute tambahan setiap harinya terhitung dari tangga 10 July - 2 Agustus 2015. Dengan adanya 33 penerbangan tambahan setiap harinya atau total 792 flights, Batik Air bisa mengangkut kurang lebih 57.024 penumpang dalam periode tersebut.

Meski telah mengajukan extra flight, Edward bilang bahwa Lion Grup akan melihat terlebih dahulu permintaan dari konsumen saat mudik Lebaran 2015. Apabila permintaannya tinggi, maka Lion Grup akan menggunakan extra flight tersebut.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.