Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Joko Widodo Menjawab Tantangan Ekonomi

Kompas.com - 09/07/2015, 12:18 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa bulan belakangan ini, berbagai spekulasi muncul mengenai perekonomian Indonesia. Daya beli masyarakat menurun, penyerapan belanja modal yang tidak maksimal membuat ekonomi Indonesia melambat.
 
Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro menyatakan, proyeksi pertumbuhan ekonomi di angka 5,2 persen pada akhir tahun 2015 paling realistis dengan dinamika perekonomian global saat ini. Salah satu alasan pertumbuhan ekonomi kembali mengalami revisi adalah sektor investasi yang belum memenuhi ekspektasi karena faktor global yang masih belum menentu.
 
Selain itu,  kontribusi belanja pemerintah yang tidak sesuai harapan karena penyerapan belanja modal pada akhir tahun diperkirakan hanya mencapai 90 persen seperti tahun-tahun sebelumnya.
 
Tak kurang, Bank Dunia pun ikut bersuara tentang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Bank Dunia bahkan memangkas estimasi pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun 2015 menjadi 4,7 persen saja. Padahal beberapa bulan lalu Bank Dunia masih optimistis pertumbuhan ekonomi Indonesia mencapai 5,2 persen.

Kepala Perwakilan Bank Dunia untuk Indonesia Rodrigo Chaves mengungkapkan, penurunan estimasi pertumbuhan ekonomi itu disebabkan  rendahnya harga komoditas dan melemahnya pertumbuhan investasi. Kedua faktor itulah yang  menekan laju pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2015.
 
Namun prakiraan ini dibantah oleh Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro.  Ia mengatakan, proyeksi Bank Dunia itu belum tentu realistis. Apalagi, ada lembaga keuangan internasional lain yang memproyeksikan perekonomian Indonesia lebih baik dari Bank Dunia. "Bank Dunia bukan paling pinter, tidak tahu persis kondisi kita," ujar Menkeu. 

Menurut Bambang, hanya pemerintah Indonesia-lah yang tahu kondisi sesungguhnya Indonesia, bukan Bank Dunia.
 
Benarkah ekonomi kita menuju keterpurukan? Bagaimana langkah pemerintah Indonesia di tengah perlambatan ekonomi dunia?
 
Presiden Joko Widodo akan berdialog dengan 400 ekonom yang merupakan  bagian dari Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia dalam  “Presiden Joko Widodo Menjawab Tantangan Ekonomi” yang akan ditayangkan live pukul 14.00 WIB hanya di Kompas TV hari ini. (Bernada Rurit/Kompas TV)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com