Mobil Tangki dan BBM Kalengan Bakal Tersedia di Tol Cipali

Kompas.com - 10/07/2015, 21:45 WIB
Pertamax Series. KompasOtomotif-Agung KurniawanPertamax Series.
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorJosephus Primus


JAKARTA, KOMPAS.com - Pihak Pertamina yakin hadirnya Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) akan menyedot jutaan pengguna angkutan darat saat mudik Lebaran ini. Bahan Bakar Minyak (BBM) pun akan sangat dibutuhkan para pemudik yang melewati tol terpanjang di Indonesia itu.

Mengantisipasi permintaan BBM yang besar itu, Pertamina akan menyiagakan sejumlah mobil tangki BBM yang terisi penuh di sekitar Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Tol Cipali. "Kita kan penuhi stok misalnya di kilometer 102 itu di Kalijati (Subang) kita akan menyiapkan beberapa mobil tangki penuh, jadi bukan ambil (BBM) dari depot, tapi ada di sekitar pintu tol," ujar Direktur Pemasaran dan Niaga Pertamina Ahmad Bambang di Jakarta, Jumat (10/7/2015).

Selain itu, Pertamina juga memutuskan akan menyiasati jauhnya jarak antara satu SPBU dengan SPBU lainya dengan menjual BBM jenis Pertamax series kalengan di tempat istirahat (rest area) non-SPBU Tol Cipali.

Menurut Ahmad, penjulan BBM kalengan tersebut sebagai antisipasi habisnya bahan bakar kendaraan para pemudik lantaran jarak antara SPBU yang jauh. Ia menambahkan para pemudik biasanya sangat meminati BBM kalengan tersebut sebagai alternatif apabila tak mendapatkan BBM di SPBU saat musim mudik Lebaran tiba.

Hal itu kata Ahmad sudah terbukti saat Lebaran tahun lalu. "Peminat BBM kalengan tahun lalu banyak. Justru ini jadi perhatian kita agar stok Pertamax-nya tidak kosong," kata dia.

Oleh karena itu Pertamina memutuskan akan memperbanyak stok BBM kalengan dan memperbanyak titik penjualannya di berbagai jalur mudik. Tahun lalu Pertamina menyediakan 5.000 BBM kalengan dan terjual sekitar 2.000 kaleng.

Selain menyiagakan mobil tangki dan BBM kalengan, Pertamina juga akan memasang banyak spanduk di sepanjang Tol Jakarta-Cikampek. Spanduk tersebut berisi imbauan agar para pemudik mengisi penuh bahan bakarnya sebelum memasuki Tol Cipali. Hal itu sebagai antisipasi terjadinya antrean panjang apabila para pemudik mengisi BBM di SPBU Tol Cipali.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.