Penerimaan Negara Bertambah Rp 800 Miliar dari Bea Masuk

Kompas.com - 27/07/2015, 14:15 WIB
Pajak dan bea masuk Pebble Time. Reza Wahyudi/Kompas.comPajak dan bea masuk Pebble Time.
|
EditorJosephus Primus


JAKARTA, KOMPAS.com - Pelaksana Tugas (Plt) Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan Suahasil Nazara mengatakan, estimasi potensi tambahan penerimaan Negara non-pajak dari bea masuk (BM) sebesar Rp 800 miliar. Tambahan penerimaan Negara tersebut didapat dari kenaikan tarif BM, sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 132/PMK.010/2015, yang mulai berlaku sejak Kamis (23/7/2015). "Estimasi tambahan penerimaan negara untuk 5-6 bulan berikutnya, atau dari Agustus sampai akhir tahun Rp 800 miliar," kata Suahasil di Jakarta, Senin (27/7/2015).

Suahasil menjelaskan, pemerintah, melalui kenaikan BM ini tak bermaksud menggenjot penerimaan negara. Pemerintah melakukan harmonisasi tarif serta mendorong industri dalam negeri.

Terakhir, pemerintah melakukan harmonisasi tarif BM terakhir pada 2010 lalu. Artinya, sudah lima tahun BM belum berubah.

Pada akhir 2013 lalu, Kementerian Perindustrian mengajukan inisiasi untuk harmonisasi tarif BM, mengingat pertumbuhan industri hilir cukup seret. "Kemudian dilakukan rapat berjenjang dari yang sangat teknis, sampai rapat pleno tim tarif yang dihadiri eselon I," sambung Suahasil.

Dengan dikeluarkannya PMK 132/2015,  rata-rata tarif BM menjadi 8,83 persen, atau hanya naik tipis dari harmonisasi sebelumnya yang sebesar rata-rata 7,62 persen.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.