Gapmmi Minta Pelonggaran Bea Masuk untuk Importir Produsen

Kompas.com - 27/07/2015, 17:47 WIB
Pajak dan bea masuk Pebble Time. Reza Wahyudi/Kompas.comPajak dan bea masuk Pebble Time.
|
EditorJosephus Primus


JAKARTA, KOMPAS.com - Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman (Gapmmi) menyatakan dukungan terhadap harmonisasi tarif yang dilakukan Kementerian Keuangan melalui Peraturan Menteri Keuangan Nomor PMK 132/PMK.010/2015. Menurut anggota Komite Organisasi, Keanggotaan dan Hubungan Daerah Gapmmi, Dwiatmoko Setiono, beleid tersebut membantu industri untuk dapat meningkatkan daya saingnya. Kebijakan tersebut diharapkan mampu mendorong perkembangan industri makanan minuman. "Tapi kami juga mohon di sini, ada kebijaksanaan yang jelas antara tarif HS (harmonized system) antara barang konsumsi dan bahan baku, khususnya teh, kopi, dan cokelat," kata dia, di Jakarta, Senin (27/7/2015).

Dwi menyebut ada tumpang tindih kebijakan yang membuat rancu importasi barang-barang tersebut. Dia bilang kalau bahan baku dikenai tarif tinggi, pada akhirnya daya saing industri dalam negeri menjadi berkurang lagi.

Selain pengecualian terhadap bahan baku tersebut, Gapmmi juga meminta agar PMK 132/2015 tidak berlaku kepada importir produsen (IP). Sebagai informasi, dalam PMK 132/2015 teh dan kopi dikenakan tarif BM sebesar 20 persen. Sedangkan cokelat dan olahan makanan yang mengandung kakao dikenakan tarif BM bervariasi mulai dari 10 persen, 15 persen, dan 20 persen.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.