Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peluang Selalu Ada di Pasar Tradisional

Kompas.com - 28/07/2015, 18:03 WIB


KOMPAS.com - Peluang selalu ada pasar tradisional. Adalah Presiden Direktur PT Pazia Pillar Mercycom Yulisiane Sulistyawati yang mengatakan melihat peluang tersebut. Makanya, melalui Pazia Express, perusahaan distributor gawai itu membidik pasar tradisional. Pilihan pertama pengelola Pazia adalah Pasar Bata Putih di kawasan Kecamatan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. "Pasar Bata Putih itu unik karena waktu bukanya sore sampai malam hari," Yulisiane yang karib dipanggil Sianne itu di sela-sela peresmian gerai Pazia Express tersebut pada Selasa (28/7/2015).

Pasar Bata Putih, sebagaimana juga dijelaskan oleh Manajer Area Selatan I Perusahaan Daerah (PD) Pasar Jaya Nurman Adhi adalah satu dari 11 pasar kelolaan perusahaan milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta di wilayah Kota Jakarta Selatan. Total, PD Pasar Jaya mengelola 153 pasar tradisional di wilayah Provinsi DKI Jakarta.

Selain memunyai jadwal buka mulai pukul 15.00 WIB sampai dengan sekitar pukul 24.00 WIB, Pasar Bata Putih yang letaknya dekat dengan Pasar Kebayoran Lama itu melayani konsumen yang bergerak di bidang bahan baku katering, restoran, dan hotel. "Pasar Bata Putih berkonsep wet market (pasar basah)," kata Nurman Adhi sembari menambahkan bahwa jumlah pedagang aktif di Pasar Bata Putih sekitar 480 pedagang.

Sementara Sianne mengatakan banyak pedagang di pasar tradisional, termasuk di Pasar Bata Putih yang memunyai kebutuhan mengisi pulsa saat bekerja. Mereka juga memerlukan telepon selular untuk berkomunikasi. "Kami menyediakan kebutuhan itu," katanya.

Sianne menjelaskan, masuknya Pazia ke pasar tradisional menjadi kelengkapan perusahaan tersebut membidik berbagai kalangan konsumen. Pasalnya, Pazia sudah hadir di mal maupun pusat perbelanjaan kelas A dan pusat grosir. "Kami juga ada di online," kata Sianne lagi.

Pada tahap awal aku Sianne, sesuai dengan pembicaraan dengan PD Pasar Jaya, pihaknya akan menyasar pasar-pasar tradisional seperti Pasar Mede, Pasar Radio Dalam, Pasar Santa, Pasar Cipete, Pasar Pesanggrahan, Pasar Cidodol, dan Pasar Pondok Indah.  

Sejak 2010, Pazia telah mengembangkan unit usahanya ke bidang ritel. Tercatat, Pazia telah memiliki 60 cabang unit ritel di berbagai mal berkelas di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com