Kompas.com - 30/07/2015, 08:15 WIB
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan diproyeksikan bergerak variatif dengan peluang kenaikan, Kamis (30/7/2015). Sentimen jangka pendek masih lekat memengaruhi pilihan investasi para pelaku pasar, meski dalam jangka panjang saat ini menjadi peluang masuk ke pasar.

Sentimen positif dari otoritas pasar dan pemerintah Tiongkok yang kembali menegaskan tekadnya untuk menstabilkan volatilitas pasar ekuitas cukup membantu penguatan yuan. Penguatan rupiah ini juga turut didukung dengan sempat melemahnya dollar AS menjelang pertemuan FOMC.

Pelaku pasar melihat kemungkinan The Fed menaikan suku bunganya di September masih belum jelas seiring belum sepenuhnya membaik kondisi ekonomi AS. Penguatan lanjutan bursa saham Eropa masih terjadi seiring maraknya berita positif dari para emiten, baik berupa rilis kinerjanya maupun aksi korporasi seperti merjer dan akuisisi.

Pandangan The Fed terhadap pemulihan ekonomi AS yang terus berjalan menuju pemulihan dan sinyalemen yang diberikan The Fed untuk menaikkan suku bunganya pada September, direspon positif pelaku pasar. Adanya kejelasan sikap dari The Fed tersebut memberikan kejelasan dan mengurangi beredarnya spekulasi sehingga mampu mengangkat bursa saham AS.

Riset NH Korindo Securities memerkirakan IHSG akan berada pada rentang support 4.661-4.700 dan resisten 4.755-4.878. Inverted hammer di area lower Bollinger Band (LBB ). MACD masih cenderung menurun dengan histogram negatif yang mendatar. RSI, Stochastic, dan William’s %R mencoba bertahan dari pelemahannya. Laju IHSG bertahan di atas area target support 4.680-4.696 dan mampu melampaui area target resisten 4.725-4.750.

"Meski utang gap 4.749-4.771 belum terpenuhi namun penguatan yang terjadi cukup baik dan diharapkan masih terdapat peluang penguatan kembali. Diharapkan kesempatan IHSG untuk dapat menutup utang gap tersebut ada atau rebound untuk gap tersebut meskipun peluang tersebut masih kecil," tulisnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.