Kompas.com - 30/07/2015, 09:00 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
EditorErlangga Djumena

WASHINGTON, KOMPAS.com -
Bank sentral Amerika Serikat, Federal Reserve, Rabu (29/7/2015) waktu setempat, mempertahankan suku bunga acuannya (federal funds), di posisi mendekati nol persen. Hal ini sesuai perkiraan para analis. The Fed juga tidak memberikan sinyal baru tentang kapan kenaikan tingkat suku bunga yang lama ditunggu-tunggu mungkin terjadi.

Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) mengatakan, ekonomi AS telah berkembang secara moderat dalam beberapa bulan terakhir. FOMC juga menyebutkan, pasar pekerjaan telah menguat, tetapi mencatat berlanjutnya investasi bisnis dan ekspor yang lemah.

Selain itu, disebutkan, bahwa inflasi masih lebih lemah dari pada yang diharapkan para pembuat kebijakan moneter tersebut. Meskipun mencatat bahwa banyak pelemahan terkait dengan jatuhnya harga energi selama tahun lalu dan impor yang lebih murah, karena dollar AS yang kuat.

Tetapi pernyataan kebijakan singkat FOMC, pada akhir pertemuan dua hari, tidak memberikan tanda-tanda baru pemikiran mereka tentang kapan mereka akan memulai serangkaian kenaikan suku bunga.

Suku bunga fed funds telah bertahan di 0-0,25 persen sejak akhir 2008 untuk mengangkat ekonomi AS dari jurang resesi. Ketua Fed Janet Yellen baru-baru ini telah mengatakan ia memperkirakan kenaikan suku bunga akan datang pada akhir tahun.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber AFP/ANTARA
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.