Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

El Nino Menguat, Pemerintah Siap Tambah Anggaran Subsidi Pangan

Kompas.com - 30/07/2015, 15:00 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah mencermati kebutuhan dan ketersediaan pangan, mengingat dampak fenomena El Nino terlihat menguat.

Sebelumnya, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan pada bulan ini El Nino masih dalam taraf moderat. Akan tetapi akibat anomali angin, kekeringan sudah nampak di sejumlah wilayah.

Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang PS Brodjonegoro mengatakan pemerintah akan melihat kebutuhan tambahan anggaran jika diperlukan. "Nanti kami lihat kebutuhannya. Kalau ada (kebutuhan untuk tambah anggaran) nanti kita akomodir," kata Bambang di Jakarta, Kamis (30/7/2015).

Bambang tak menampik jika berkurangnya pasokan pangan bakal berpengaruh terhadap inflasi. Oleh karena itu, Bambang menegaskan ketersediaan pangan masyarakat harus ada jaminan.

Asal tahu saja, dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan 2015, pemerintah mengalokasikan subsidi pangan salah satunya untuk dana raskin sebesar Rp 18,9 triliun. Dana raskin ini diberikan kepada 15,5 juta rumah tangga sasaran (RTS).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com