Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

RJ Lino: Kerjaan Saya "Nyari" Ribut, tetapi Enggak Pernah Kalah

Kompas.com - 31/07/2015, 13:02 WIB
Yoga Sukmana

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com — Meski banyak dikritik karena pernyataan dan kinerjanya, Direktur Utama Pelindo II RJ Lino tetap membanggakan dirinya karena mampu membangun Pelabuhan Kalibaru atau New Tanjung Priok tanpa bantuan dana anggaran pendapatan belanja negara (APBN). Dia pun menyindir orang-orang yang mempertanyakan kinerjanya selama ini dengan berkelakar.

"Kerjaan saya nyari ribut saja, catat, tetapi saya tidak pernah kalah," ujar Lino lalu tertawa, seusai menghadiri acara halalbihalal di Kementerian Perhubungan, Jakarta, Jumat (31/7/2015).

Lino mengatakan, pembangunan Pelabuhan Kalibaru tahap I akan rampung dan dibuka pada September 2015. Menurut dia, rampungnya terminal yang dibangun di atas laut itu menunjukkan bukti bahwa dirinya mampu membangun infrastruktur tanpa uang negara sedikit pun. Pembiayaan pelabuhan tersebut menggunakan dana korporasi Pelindo II melalui berbagai skema.

Pelabuhan Kalibaru tahap pertama terdiri dari tiga terminal peti kemas yang memiliki daya tampung hingga 4,5 juta TEU (setara kontainer 7 meter) per tahun. Nantinya, kapasitas pelabuhan baru akan mencapai 20 kali lipat kapasitas Pelabuhan Tanjung Priok.

Proyek pembangunan pelabuhan itu menghabiskan dana investasi 2,47 miliar dollar AS atau Rp 22,66 triliun. Sementara itu, tahap kedua terdiri dari pembangunan empat terminal yang masing-masing bisa menampung peti kemas hingga 2 juta TEU, atau total 8 juta TEU.

Pelabuhan peti kemas di Kalibaru disebut-sebut akan menjadi pelabuhan terbesar se-Asia Tenggara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com