Otoritas Pelabuhan, Lino Lebih Percaya Bea Cukai Ketimbang Kemenhub

Kompas.com - 04/08/2015, 04:50 WIB
Ilustrasi KOMPAS/HERU SRI KUMOROIlustrasi
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama PT Pelindo RJ Lino mengaku lebih percaya kepada Bea Cukai sebagai Otoritas Pelabuhan, dibandingkan Kementerian Perhubungan yang mengatur seluruh masalah bongkar muat dan perizinan dokumen barang.

Jika dari Bea Cukai yang dibawah Kementerian Keuangan menjadi otoritas pelabuhan, waktu inap barang (dwell time) yang jadi momok pemerintah kabinet kerja bisa diperkecil. Saat ini dwell time masih mencapai 5,5 hari, sedangkan target Presiden Joko Widodo adalah 3,5 hari.

"Jadi Bea cukai yang cocok untuk selesaikan masalah dwelling time," ujar Lino di kantor Kementerian BUMN, Senin (3/8/2015).

Lino memaparkan, Ditjen Bea Cukai bisa menangani lintas sektoral kementerian. Dengan posisi itu, Lino yakin otoritas pelabuhan bisa cepat bekerja di dalam pelabuhan.

"Bea Cukai yang koordinasi semua kementerian. Pertanian, perdagangan," ungkap Lino.

Lino menambahkan, Kementerian Perhubungan sudah sepatutnya hanya menangani transportasi untuk masyarakat saja bukan barang.

"Itu dia yang kontrol, bukan perhubungan," ujar Lino. (Adiatmaputra Fajar Pratama)Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.