Jokowi: Perlu Edukasi dan Literasi Perbankan untuk Nelayan

Kompas.com - 04/08/2015, 14:42 WIB
Presiden Joko Widodo memberi sambutan pada acara peringatan Hari Keluarga Nasional, di Lapangan Sunburst, Kota Tangerang Selatan, Banten, Sabtu (1/8/2015). KOMPAS.COM/INDRA AKUNTONOPresiden Joko Widodo memberi sambutan pada acara peringatan Hari Keluarga Nasional, di Lapangan Sunburst, Kota Tangerang Selatan, Banten, Sabtu (1/8/2015).
|
EditorBayu Galih

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo meminta seluruh perbankan mulai menggarap pasar perbankan dari kalangan nelayan dan juga masyarakat di kepulauan. Hal ini dianggap akan membantu target pemerintah untuk melakukan pemerataan pembangunan.

"Saya akan terus mendorong agar perbankan yang lain juga bisa melakukan inovasi layanan ke daerah yang belum terlayani perbankan. Terutama di wilayah-wilayah pulau-pulau terluar dan di daerah-daerah perbatasan dengan terobosan dan inovasi dunia perbankan," ujar Jokowi saat peluncuran Teras BRI Kapal di pelabuhan Kali Adem, Jakarta Utara, Selasa (4/8/2015).

Menurut Jokowi, adanya terobosan dan inovasi dunia perbankan mulai dari kawasan perbatasan bisa mempercepat pemerataan dan pembangunan di seluruh tanah air. Selain itu, penggunaan kapal sebagai sarana perbankan juga bisa mendukung industri kapal dalam negeri.

Dia mengingatkan, nelayan dan masyarakat kepulauan perlu menjadi fokus lantaran fakta bahwa negara Indonesia sebagian besar adalah perairan.

"Nantinya seluruh masyarakat mudah untuk menabung, mudah melakukan pinjaman ke perbankan. Sehingga, perputaran uang di daerah betul-betul terasa dan nanti kita lihat di arus uang yang ada di perbankan kita," ucap Jokowi.

Pada acara kali ini, Jokowi melepas keberangkatan kapal Bahtera Seva I yang akan dijadikan kapal Teras BRI Kapal, yang merupakan layanan keuangan perbankan pertama dan satu–satunya di dunia. Teras BRI Kapal melayani jasa keuangan bank di atas air yang menyusur pulau-pulau terluar dalam gugusan kepulauan di Indonesia.

Kapal itu akan melayani masyarakat di Kali Adem, Pulau Untung Jawa, Pulau Pramuka, Pulau Panggang, Pulau Tidung, dan Pulau Harapan di wilayah Kabupaten Kepulauan Seribu, DKI Jakarta.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Fasilitas yang diberikan antara lain pembukaan rekening, setoran tunai, dan penarikan tunai. Bank BUMN ini selanjutnya akan meluncurkan program serupa untuk wilayah Ternate, Bau-bau, dan Tanjung Selor di kawasan timur Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.