Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dukungan Pemerintah Hongkong untuk Industri Kreatif

Kompas.com - 09/08/2015, 18:21 WIB
Anastasia Joice

Penulis


HONGKONG, KOMPAS.com - Industri kreatif merupakan salah satu sektor industri yang berkembang pesat belakangan ini. Banyak dukungan dan program yang dijalankan pemerintah untuk mengembangkan industri tersebut.

Sektor industri kreatif yang berkembang di Hongkong antara lain adalah film, televisi, musik, desain, arsitektur, komik, dan animasi serta hiburan digital.  “Saat ini, industri kreatif menyumbangkan 5,1 persen dalam produk domestik bruto Hongkong sekitar 51 miliar dollar Hongkong pada tahun 2015,” jelas Wellington Fung Assistant Head of Creative Hongkong di Hongkong pekan ini.

Pemerintah juga mendukung anak-anak muda kreatif dengan memberikan berbagai dukungan. Sebuah rumah susun polisi, Police Marriage Quarter (PMQ) yang sudah 10 tahun telantar digunakan untuk menampung para desainer muda. Mereka dapat membuka toko dan workshop di situ dengan harga sewa yang sangat murah.

Selain itu, dibuat pula Comix Home Base (CHB) di Mallory Street. Di gedung tua yang dibangun pada tahun 1910an  ini, komunitas  komik dan animasi Hongkong bertemu.  Lokasinya di Wanchai juga unik, tokoh komik Hongkong Tony Wong Yuklong dan Seung-gun Siu-bo tumbuh dewasa di distrik ini.

Tidak hanya tempat, pemerintah Hongkong juga mengucurkan banyak dana untuk industri kreatif. Badan yang khusus mengurus perkembangan industri kreatif, Creative Hongkong dibentuk pada tahun 2009. Dana-dana juga dikucurkan untuk menopang anak-anak muda untuk berkreasi.

CreativeSmart Initiative didirikan pada Juni 2009 untuk memberikan dukungan finansial. Dana awal sebesar 300 juta dollar AS. Dari tahun ke tahun, dana ini terus bertambah.

Selain itu, ada juga dana yang khusus ditujukan bagi mereka yang bergerak pada bidang perfilman. Dana sebesar 300 juta dollar AS dikucurkan ke dalam Film Development Fund pada Juli 2007. Dana ini dapat digunakan sebagai dana investasi untuk membuat film. Hingga akhir September 2014, ada 48 aplikasi yang masuk untuk mendapatkan modal, dengan dana sebesar 325,84 juta dollar AS.
 
Anak-anak muda kreatif itu terus mendapatkan dukungan dari pemerintah untuk berkembang dengan rencana yang jelas, tidak sekadar membentuk badan penunjang industri kreatif yang tidak memiliki peta jalan seperti apa industri itu akan dikembangkan. Mungkin kita dapat belajar dari Hongkong.
 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com