Pengusaha Berharap Para Menteri Baru Bisa Angkat Perekonomian Nasional

Kompas.com - 12/08/2015, 14:59 WIB
EditorBambang Priyo Jatmiko
JAKARTA, KOMPAS.com - Pengusaha yang tergabung dalam Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) merespon positif perombakan Kabinet Kerja pemerintahan Jokowi-JK.

Ketua Umum Hipmi Bahlil Lahadalia berharap menteri baru pada kabinet kerja mampu memperbaiki pasar domestik. "Kita tidak bisa terus mempersalahkan pihak luar. Kita tidak bisa apa-apa dengan masalah eksternal yang ada di Amerika sana,” ujar Bahlil dalam penjelasan resminya, Rabu (12/8/2015).

Terkait sosok Darmin Nasution yang menduduki posisi sebagai Menko Perekonomian, Bahlil menilai Darmin mampu melakukan berbagai terobosan.

“Saat dirjen pajak dia bikin NPWP yang mendorong peningkatan perolehan pajak. Waktu Gubernur BI, Darmin bikin beberapa regulasi yang berpihak kepada dunia usaha. Kami yakin akan ada terobosan lagi dari beliau,” papar Bahlil.

Namun demikian, tantangan Darmin dinilai cukup berat saat ini. Sebagaimana diketahui ekonomi Indonesia pada kuartal pertama tahun 2015 hanya mencatat pertumbuhan sebesar 4,71 persen. Angka ini melambat bila dibanding tahun lalu pada periode yang sama yang meraih 5,14 persen.

Pemerintah kemudian beberapa kali berdalih bahwa perlambatan ekonomi dikarenakan dampak dari kondisi global.

Hari ini, Presiden Joko Widodo melantik tiga Menteri Koordinator baru yakni Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Menteri Koordinator Kemaritiman Rizal Ramli, dan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, Keamanan Luhut Panjaitan. Tak hanya itu, Jokowi juga melantik Menteri Perdagangan Thomas Lembong, Menteri PPN/Kepala Bappenas Sofyan Djalil, dan Seskab Pramono Anung.

Kompas TV Presiden Lantik 6 Menteri Baru
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.