Kalimantan Timur, "Raja Batu Bara" yang Punya Potensi Pertanian

Kompas.com - 12/08/2015, 17:36 WIB
Kunjungan Kerja Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman ke Berau, Rabu (12/08/2015) Kompas.com/SRI NOVIYANTIKunjungan Kerja Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman ke Berau, Rabu (12/08/2015)
|
EditorLatief
BERAU, KOMPAS.com - Lahan pertanian di wilayah Kalimantan Timur menarik hati Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman. Wilayah yang dikenal dengan kekayaan tambang batu baranya itu mulai memperlihatkan potensi pertaniannya.

"Kalimantan Timur masih memiliki potensi besar di bidang pertanian. Dalam kondisi elnino seperti ini, lahan Kaltim harus didukung penuh pemerintah," ujar Amran pada kunjungan kerjanya ke Kampung Buyung-buyung, Berau, Kalimantan Timur, Rabu (12/08/2015).

Kampung Buyung-buyung dikenal dengan hamparan sawahnya. Dibandingkan lahan pertanian lain di Kabupaten Berau, lahan di kampung ini termasuk yang terbesar. Luasnya mencapai 1000 hektar.

Pada kesempatan sama, Bupati Berau Makmur Hapk menuturkan bahwa potensi pertanian Kaltim terlihat pengaruhnya terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) di tingkatan kedua setelah batu bara, yaitu 17 persen.

"Kalau tahun lalu PAD dari pangan berada di tingkatan kelima, saat ini sudah naik menjadi tingkatan kedua," tutur Makmur.

Saat ini, hasil pangan memang didominasi jagung. Makmur menjelaskan bahwa Kaltim menyumbang sebaran jagung di Indonesia hingga 52 persen.

"Mudah-mudahan dalam kurun waktu yang sebentar, Kalimantan dapat dihitung menjadi pemasok beras di Indonesia," ujarnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mendengar hal itu, Mentan optimistis bahwa potensi lahan di Kaltim dapat ditingkatkan agar maksimal. Ia bahkan menjamin bahwa pemerintah akan mendukung penuh pertanian di sana. Pemerintah akan membantu kebutuhan pembuatan sumur dangkal dan embung, alat tanam dan alat panen, serta pompa.

"Sudah didiskusikan dengan Bupati. Kami sepakat alih fungsi lahan harus dikurangi. Bahkan, Bupati memutuskan akan cetak sawah di wilayah ini," kata Amran.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.