Kompas.com - 13/08/2015, 12:32 WIB
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) masih terus melaju pada siang ini (13/8/2015). Data RTI menunjukkan, pada pukul 12.00 WIB, indeks ditutup dengan lonjakan 1,96 persen atau 87,99 poin menjadi 4.567,47.

Ada 211 saham yang menguat. Sedangkan 61 saham turun dan 53 saham lainnya diam di tempat. Volume transaksi siang ini melibatkan 2,652 miliar saham dengan nilai transaksi Rp 2,433 triliun.

Secara sektoral, tak ada satu pun sektor yang memerah. Tiga sektor dengan kenaikan terbesar di antaranya: sektor industri dasar yang naik 3,19 persen, sektor industri lain-lain naik 2,67 persen, dan sektor manufaktur naik 2,65 persen.

Pergerakan IHSG sejalan dengan bursa regional lainnya. Namun, jika dibandingkan, IHSG sepertinya melaju paling kencang.

Ambil contoh, indeks Nikkei 225 Stock Average yang naik 0,7 persen, indeks Hang Seng Hongkong naik 0,35 persen, indeks Taeix naik 0,21 persen, indeks Kospi Korea Selatan naik 0,6 persen, dan indeks S&P/ASX 200 Australia naik 0,78 persen.

Bursa Asia rebound setelah bank sentral China mengeluarkan pernyataan yang meredakan kecemasan pasar akan devaluasi yuan. Menurut Asisten Gubernur PBOC Zhang Xiaohui, tidak ada basis untuk depresiasi yuan terus berlanjut dan bank sentral mampu menahan mata uang di level yang seimbang.

"Ini merupakan reaksi yang berlebihan dari pasar. Kebijakan ini hanyalah bentuk penyesuaian bagi China untuk jangka panjang," jelas Sean Darby, Jefferies Group Inc's chief global equity strategist.

Sementara itu nilai tukar rupiah di pasar spot siang ini juga bergerak di zona hijau. Data Bloomberg pukul 12.00 WIB, menunjukkan, mata uang Garuda berada di posisi Rp 13.740 per dollar AS, lebih tinggi dibanding penutupan kemarin pada 13.800.

Sedangkan kurs tengah Bank Indonesia (JISDOR) juga menguat ke posisi Rp 13.747 per dollar AS, dibanding kemarin pada 13.758.  (Barratut Taqiyyah)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
Sumber


Video Pilihan Video Lainnya >

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.