Belum Lewati Lima Persen, Asuransi Syariah Mesti Berbuat Banyak

Kompas.com - 13/08/2015, 18:58 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
EditorJosephus Primus

KOMPAS.com - Belum melewati lima persen dari total penguasaan pasar asuransi nasional, asuransi syariah mesti berbuat banyak. "Mungkin bisa meniru dunia otomotof," kata Ketua Umum Asosiasi Asuransi Syariah Indonesia (ASSI) Adi Pramana di Jakarta pada Kamis(13/8/2015).

Menurut Adi, melambatnya perekonomian Indonesia tidak membuat langkah dunia otomotif surut. Menurutnya, selalu ada kreasi produk baru yang diluncurkan dunia otomotif. "Cara ini meningkatkan market share. Asuransi syariah harus berbuat banyak kalau mau menguasai meningkatkan market share," tuturnya.

Adi menambahkan asuransi syariah di Indonesia memunyai target hingga 2025. Pada tahun itu, penguasaan pasar mencapai 20 persen dari total asuransi nasional.

Catatan ASSI menunjukkan perbandingan triwulan pertama  dan kedua 2015 dengan periode sama setahun silam. Total aset asuransi syariah nasional ada di posisi Rp 24 triliun. Itu berarti ada kenaikan 24,06 persen ketimbang pada 2014.

Kemudian, investasi asuransi syariah nasional ada di angka Rp 21 triliun atau setara dengan kenaikan 27,9 persen. Selama ini, asuransi syariah berinvestasi di deposito syariah sebanyak 40 persen, saham syariah 28 persen, dan reksadana syariah 20 persen.

Selanjutnya, kontribusi atau premi asuransi syariah nasinal menyentuh angka Rp 5,1 triliun. Angka ini naik 15 persen andai dibandingkan periode triwulan dua 2014.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.