Peternakan Sapi Rakyat Bisa Bantu Selesaikan Masalah Kelangkaan Daging Sapi

Kompas.com - 14/08/2015, 21:15 WIB
Pedagang daging sapi di Pasar Perumnas Klender, Jakarta Timur. Kamis (13/8/2015). Kompas.com/Robertus BelarminusPedagang daging sapi di Pasar Perumnas Klender, Jakarta Timur. Kamis (13/8/2015).
|
EditorJosephus Primus

BANDUNG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan atau Aher mengunjungi salah satu sentra peternakan sapi 'rumahan' (peternakan sapi rakyat) di kawasan Kabupaten Bandung, Jawa Barat, tepatnya di Desa Pasir Luhur, Kelurahan Cisurupan, Kecamatan Cimenyan, Jumat, (14/8/2015) sore.

Ada sejumlah lokasi peternakan sapi yang dikunjungi. Sapi - sapi itu bukan milik satu orang saja, tetapi, milik warga - warga di sekitar sana. Masing - masing warga rata - rata memiliki tiga sampai lima ekor sapi. Ada juga yang hanya punya satu. Mereka tergabung dalam koperasi Kelompok Petani Sejahtera.

Aher mengatakan, kunjungannya kali ini sebagai respons atas kelangkaan daging sapi dalam beberapa waktu belakangan ini. Aher berharap, hadirnya para peternak rakyat ini bisa ikut menyelesaikan permasalahan kelangkaan sapi saat ini, dengan memperkuat atau meningkatkan pasokan kebutuhan daging sapi di Jawa Barat dan kebutuhan skala nasional. "Kita berharap para peternak rakyat semakin termotivasi untuk meningkatkan produktifitasnya, untuk ketahanan pangan kita. Jika peternak sapi rakyat semakin mandiri, ketersediaannya akan semakin banyak, maka impor sapi hanya akan menjadi opsi terakhir kita. Peternak juga sejahtera," kata Aher.

Menurut Aher, peternak rakyat memiliki peran sangat strategis dalam mengimbang feedloter (perusahaan peternakan penggemukan) juga importir sapi. Ini juga, kata dia, harus didukung oleh manajemen agribisnis yang mantap. "Bisa, bisa, peternak sapi bisa bersaing dengan feedloter, tapi, harus masif ya. Kalau ini (peternakan rakyat) jadi budaya, tentu, peternak rakyat bisa bersaing dengan feedloter," katanya.

Tak hanya itu, lanjut dia, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat, akan terus mendorong peternak sapi rakyat agar terus meningkatkan produktivitasnya. Pasalnya, ia menargetkan Jawa Barat untuk swasembada sapi. "Ke depan, mudah-mudahan kita (Jawa Barat) bisa swasembada sapi, juga yang lainnya, seperti ayam, ikan, dan juga domba," pungkasnya.

Kompas TV Gejolak Harga di Dalam Negeri Jadi Tantangan Mendag Baru
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.