BPJS: Pekerja Korban Trigana Air Dapat Santunan 48 Kali Lipat Upah

Kompas.com - 19/08/2015, 11:12 WIB
Sertu Agus Harahap, Dansi Yonif 133 Yudha Sakti penemu kotak hitam Trigana Air PK-YRN Pendam XVII CenderawasihSertu Agus Harahap, Dansi Yonif 133 Yudha Sakti penemu kotak hitam Trigana Air PK-YRN
EditorErlangga Djumena

NUSA DUA, KOMPAS.com - BPJS Ketenagakerjaan akan memberikan hak pekerja bagi keluarga dari korban Maskapai Trigana Air yang jatuh di Papua hari Minggu lalu (16/8). BPJS Ketenagakerjaan menghitung, setiap peserta akan mendapatkan hak sebesar 48 kali lipat dari upah pekerja.

"Misalnya jika upah yang dilaporkan sebesar Rp 5 juta. Maka kami akan bayar 48 kali lipatnya," kata Direktur Pelayanan dan Pengaduan BPJS Ketenagakerjaan Achmad Riadi, Rabu (19/8/2015).

Selain uang santunan, santunan berkala ke ahli waris dan beasiswa kepada anak pertama korban akan diterima.

BPJS Ketenagakerjaan memastikan ada lima korban yang berhak menerima santunan dari BPJS Ketenagakerjaan. Kelimanya adalah pegawai Trigana Air.

Namun sampai saat ini, BPJS Ketenagakerjaan masih mengumpulkan data korban evakuasi yang dilakukan Basarnas sehingga belum ada pencairan hak pekerja yang dilakukan. Namun, Achmad optimistis, setelah evakuasi berhasil dilakukan, pencairan santunan segera cair karena hanya butuh waktu satu hingga dua hari.

Pesawat Trigana Air jenis ATR 42 diduga jatuh di Kamp 3 Distrik Okbape, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua. Pesawat dengan nomor registrasi PK-YRN dan rute penerbangan Jayapura (Sentani)-Oksibil tersebut hilang kontak pada Minggu 16 Agustus sekitar pukul 14.55 WIB.

Pesawat Trigana membawa 49 penumpang terdiri dari 44 orang dewasa, 2 anak, dan 3 bayi. Burung besi itu diawaki 5 orang terdiri dari pilot Capt Hasanudin, FO Ariadin, pramugari Ika N dan Dita Amelia, serta teknisi Mario. (Mona Tobing)

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

baca juga: Kemenhub: Seluruh Korban Trigana Air Sudah Ditemukan



Sumber
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.