Kompas Gramedia Mengalap Berkah dari Pameran Buku Frankfurt

Kompas.com - 19/08/2015, 19:52 WIB
Toko Buku Gramedia menjadi bagian dari Gramedia Group of Retail and Publishing (GoRP) bersama dengan tujuh  penerbit di Grup Kompas Gramedia yakni Gramedia Pustaka Utama (GPU), Elexmedia, Grasindo, Kepustakaan Populer Gramedia, Bhuana Ilmu Populer, MnC, dan Penerbit Buku Kompas.  Josephus PrimusToko Buku Gramedia menjadi bagian dari Gramedia Group of Retail and Publishing (GoRP) bersama dengan tujuh penerbit di Grup Kompas Gramedia yakni Gramedia Pustaka Utama (GPU), Elexmedia, Grasindo, Kepustakaan Populer Gramedia, Bhuana Ilmu Populer, MnC, dan Penerbit Buku Kompas.
EditorJosephus Primus

KOMPAS.com - Kompas Gramedia melalui Group of Retail and Publishing (GoRP) mengalap berkah dari Pameran Buku Frankfurt (FBF). Perhelatan akbar tingkat dunia itu akan berlangsung pada 14-18 Oktober 2015.

Menurut Direktur GoRP Wandi S Brata pada Rabu (19/8/2015), FBF adalah tempat berkumpulnya para kelompok pemasar penerbitan. Kesempatan itu biasanya digunakan para penerbit berskala internasional saling berjual beli hak menerjemahkan dan menjual buku di berbagai negara (rights).

Lebih lanjut, Wandi menjelaskan, sejak 1998 atau tatkala krisis perekonomian melanda Indonesia, Kompas Gramedia menetapkan porsi penerbitan 40 persen untuk buku terjemahan dari bahasa asing dan 60 persen untuk buku lokal alias berbahasa Indonesia. Dalam satu tahun, Kompas Gramedia, menerbitkan 6.000 judul buku.

Pada FBF kali ini, Kompas Gramedia mengusung semboyan Gramedia Goes International. Dalam hemat Wandi, semboyan itu membawa misi agar buku-buku lokal tersebut mampu menarik perhatian penerbit-penerbit mancanegara untuk diterjemahkan ke dalam bahasa-bahasa asing dan diterbitkan di negara-negara bersangkutan. "Tentunya dengan kesepakatan juga bersama para penulis buku," imbuh Wandi.

Demi mewujudkan semboyan itu pula, GoRP memboyong 79 orang penulis berangkat ke FBF. Dari jumlah itu, 44 orang di antaranya adalah para penulis yang menerbitkan buku mereka bersama Gramedia. Mereka antara lain adalah Sapardi Djoko Damono, Ayu Utami, Eka Kurniawan, Laksmi Pamuntjak, Sisca Soewitomo, A. Fuadi, Okky Madasari, Ahmad Tohari, Linda Christanty, Ratih Kumala, Leila S Chudoti, Yoris Sebastian, dan Sweeta Kartika.

Sementara itu, informasi yang diperoleh Kompas.com dari International Marketing GoRP Yudith Andhika RH dalam kesempatan itu menunjukkan bahwa dalam satu tahun pihaknya menargetkan pendapatan hingga Rp 2,3 miliar. Dari jumlah itu, GoRP mengincar separuhnya dari FBF.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.