Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Geser Li Ka-shing, Wang Jianlin Jadi Orang Terkaya China

Kompas.com - 20/08/2015, 13:07 WIB

BEIJING, KOMPAS.com - Miliarder properti Wang Jianlin dari China mengambil mahkota gelar orang terkaya di China dari Li Ka-shing. Berdasarkan peringkat terbaru yang dirilis Hurun Research Institute Rabu (19/8/2015), nilai kekayaan Jianlin mencapai 42,6 miliar dollar AS.

(baca Kisah Li Ka-shing, Orang Terkaya se-Asia)

Data yang sama juga menunjukkan, miliarder dari China daratan mengambil komposisi sekitar 79,5 persen dari daftar Hurun Global Chinese Rich 2015. Baru kemudian diikuti Hongkong sebanyak 6,3 persen, dan Taiwan 4,9 persen.

Tersebar di lebih 18 negara dan kawasan, riset Hurun mengatakan, terdapat 1.577 individu dengan kekayaan personal melampaui 2 miliar yuan atau 312,6 juta dollar AS. Dari angka tersebut, 302 di antaranya berasal dari luar China daratan.

Nilai total dari kekayaan individu tersebut mencapai 2,1 triliun dollar AS, yang equivalen dengan PDB Rusia atau 1,5 kali PDB Korea Selatan.

Chairman and Chief Researcher Hurun Report, Rupert Hoogewerf, mengatakan, sepuluh tahun lalu, warga China yang paling sukses adalah mereka yang berada di luar China daratan.

"Hari ini semua berubah total, di mana pengusaha seperti Wang Jianlin menjadi salah satunya," jelasnya.

Sementara itu, Ben Cavender, principal China Market Research Group mengatakan, pengusaha China menikmati kesuksesan dalam beberapa tahun terakhir dan banyak dari mereka memiliki bisnis dengan valuasi yang tinggi setelah berekspansi ke luar negeri.

Berdasarkan daftar Hurun Research terbaru, bisnis real estate dan bisnis sinema mendongkrak nilai kekayaan Jianlin.

Sedangkan pengusaha real estate Hong Kong Li Ka-shing (87 tahun) berada di posisi kedua dengan nilai kekayaan 32,8 miliar dollar AS. Li juga memiliki investasi besar di Inggris.

Sedangkan Jack Ma (51 tahun), owner Alibaba Group Holding Ltd berada di peringkat tiga orang terkaya di China dengan nilai 27 miliar dollar AS. (Barratut Taqiyyah)

baca juga: 3 Kebiasaan Warren Buffett yang Menjadikannya Miliarder Dunia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com