Jaga Daya Beli Masyarakat, Pemerintah Siapkan Bantuan Tunai Bersyarat

Kompas.com - 20/08/2015, 18:23 WIB
|
EditorErlangga Djumena
JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang PS Brodjonegoro mengatakan, untuk menjaga daya beli masyarakat di tahun 2016, pemerintah memiliki sejumlah program. Bambang menyebut salah satu yang akan diberikan pemerintah adalah bantuan tunai bersyarat atau conditional cash transfer.

Bambang pun meminta pengertian berbagai pihak bahwa subsidi tidak hanya berupa subsidi bahan bakar minyak (BBM) dan subsidi non-energi. "Pokoknya kita juga memberikan bantuan tunai bersyarat. Jadi subsidi jangan hanya dilihat di subsidi yang energi dan non-energi. Ada lagi subsidi yang langsung ke masyarakat, subsidi bunga KUR," tambah Bambang, ditemui di gedung parlemen, Jakarta, Kamis (20/8/2015).

Sementara itu, terkait dengan rencana pemerintah mencabut subsidi listrik untuk pelanggan rumah tangga dengan daya 900 volt ampere (VA), Bambang menegaskan tidak akan berpengaruh banyak terhadap penurunan daya beli masyarakat. "Saya rasa enggak, karena tetap yang kita subsidi ada 60 juta rumah tangga," ucap Bambang.

Subsidi BBM
Dalam rapat paripurna yang beragendakan pandangan fraksi atas RAPBN 2016 dan nota keuangan, Fraksi Partai Demokrat juga menyoroti program subsidi pemerintah.

Menurut F PD, pengurangan subsidi BBM yang telah dilakukan pemerintah beberapa waktu lalu sebesar Rp 240 triliun belum memberikan dampak optimal dalam program pembangunan dan terhadap kesejahteraan masyarkat baik jangka pendek, menengah, maupun panjang.

“F PD menilai pemberian subsidi BBM tetap perlu dilakukan,” ucap Verna Gladies Merry Inkiriwang, membacakan pandangan F PD.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.