Bulan Depan, RI Kedatangan 8.000 Sapi Impor Siap Potong Asal Australia

Kompas.com - 21/08/2015, 19:55 WIB
Sapi Australia yang siap dijual. ABCSapi Australia yang siap dijual.
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorJosephus Primus

JAKARTA, KOMPAS.com -- Indonesia akan kedatangan 8.000 sapi siap potong asal Australia pada September 2015. Sapi-sapi tersebut merupakan bagian dari realisasi impor sapi kuartal III-2015 yang totalnya sebanyak 50.000 sapi. "Awal September siap masuk. Secara hitungan sudah (ada), cuma bertahap (impor 50.000 sapi)," ujar Direktur Pengadaan Bulog Wahyu di Kantor Kementerian Pertanian, Jakarta, Jumat (20/8/2015).

Lebih lanjut dia mengatakan, sebagai pihak yang ditunjuk pemerintah untuk mengimpor 50.000 sapi, Bulog sengaja mendatangkan sapi siap potong secara bertahap. Pasalnya, apabila mendatangkan sapi 50.00p sekaligus, harga daging sapi akan anjlok lantaran banyaknya pasokan.

Memang, kata dia, pemerintah memiliki target menurunkan harga daging sapi yang melonjak sejak beberapa pekan lalu. Namun, pemerintah juga tak mau gegabah mendatangkan banyak sapi impor sehingga harga daging di pasaran menjadi "rusak". "Jangan sampai sapi impor merusak harga (di pasar). Kan juga ada masyarakat yang perlu diperhatikan," kata dia.

Menurut Wahyu, untuk pengadaan 50.000 sapi siap potong tersebut, Bulog sudah menyiapkan dana Rp 900 miliar hingga Rp 1 triliun. Rencananya, sapi-sapi tersebut akan diimpor untuk kebutuhan daging sapi nasional.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.