Kompas.com - 24/08/2015, 16:47 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko
JAKARTA, KOMPAS.com – Sejumlah perusahaan pelat merah dikabarkan melakukan pembelian saham kembali (buyback), di tengah anjloknya Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). IHSG pada perdagangan siang hari ini sempat melemah hingga lebih dari 4 persen.

“Saya dilaporkan hari ini akan ada beberapa, paling tidak Bu Rini (Menteri BUMN) menjanjikan hari ini,” ucap Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Muliaman D Hadad, ditemui di gedung parlemen, Jakarta, Senin (24/8/2015).

Muliaman mengatakan, aksi korporasi pelat merah yang melantai di bursa saham itu tidak didorong adanya intervensi dari OJK. Dia bilang, melorotnya IHSG sudah berada di posisi bottom, yakni 25 persen sejak awal tahun, atau ytd (year to date). Namun demikian, Muliaman tidak menyebutkan nama-nama perusahaan BUMN yang berencana melakukan buyback.

Dia bilang, aturan OJK yang memungkinkan BUMN melakukan buyback diharapkan memberikan dampak ke pasar saham.

“Nanti kita terus lihat opsinya macam-macam. Yang penting pelaku industri keuangan tetap waspada dan tidak panik. Daya tahannya yang kuat, dan tidak ada pengaruh langsung. Jangan sampai nanti kelesuan (pasah saham) akan mendorong NPL,” pungkas dia.

Dijumpai dalam kesempatan sama, Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus DW Martowardojo menuturkan, hari ini seluruh pasar saham di global mengalami global sell off. “Jadi pelaku pasar modal hampir semua sedang lepas saham. Ini berdampak ke Indonesia,” kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.