Kompas.com - 24/08/2015, 20:38 WIB
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Marwan Jafar saat diaolog di Nganjuk, Jawa Timur, Senin (3/8/2015). KEMENDESA DAN PDTTMenteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Marwan Jafar saat diaolog di Nganjuk, Jawa Timur, Senin (3/8/2015).
EditorJosephus Primus

KOMPAS.com - Para transmigran di seluruh Indonesia mesti punya sertifikat tanah tempat mereka tinggal dan mengolah lahan. Hal itu menjadi salah satu pokok pikiran yang mengemuka dalam seminar ketransmigrasian yang diselenggarakan di Jakarta pada Senin (24/8/2015).

Acara yang menghadirkan pembicara antara lain Menteri  Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT), dan Transmigrasi Marwan Jafar, Direktur Jenderal Perluasan dan Pengolahan Lahan Direktorat Jenderal dan Prasarana Pertanian Kementerian Pertanian Prasetyo Nuchsin, Direktur Jenderal Penataan Agraria Doddy Imran Cholid, dan Bupati Maluku Tengah Tuasikal Abua itu mengetengahkan informasi-informasi mengenai program transmigrasi, pengelolaan pertanian, dan status tanah.

Doddy mengatakan targetnya, sertifikasi tersebut mencapai dua hektare per kepala keluarga. Sementara, Kementerian Agraria dan Tata Ruang mematok target sertifikasi untuk 9 juta hektare tanah.

Catatan Doddy juga menunjukkan bahwa pihaknya memunyai data yang menunjukkan bahwa ada 13 juta petani yang tidak punya tanah.  "Sertifikasi harus menjadi modal bagi para transmigran, " demikian Doddy Imran Cholid.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.