Pekan Depan, Petinggi IMF Direncanakan Bertemu Presiden Jokowi

Kompas.com - 27/08/2015, 06:02 WIB
 Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde
AFP/LIU JIN Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde
EditorBayu Galih

WASHINGTON, KOMPAS.com - Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF) Christine Lagarde akan mendatangi Indonesia, pekan depan. Lagarde direncanakan akan melakukan pertemuan dengan sejumlah pejabat tinggi Indonesia dan menghadiri konferensi keuangan tingkat tinggi Asia.

Dilansir dari laman AFP, Kamis (27/8/2015), pada 1-2 September mendatang, Lagarde akan melakukan pertemuan dengan Presiden Joko Widodo dan pejabat tinggi negara lain. Salah satu pejabat yang akan bertemu dengan Lagarde adalah Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo.

Kunjungan itu disebut IMF akan memberikan kesempatan untuk bertukar pandangan mengenai perkembangan ekonomi terkini. "Juga prospek Indonesia dan perannya sebagai kekuatan berkembang, baik itu di kawasan dan dunia," tulis IMF dalam pernyataan tertulisnya.

Kedatangan Lagarde dilakukan di saat meningkatnya volatilitas di pasar keuangan Asia. Kondisi ini disebabkan karena perlambatan ekonomi China dan gejolak pasar yang sedang terjadi, serta penurunan harga komoditas yang juga memengaruhi Indonesia dan negara-negara berkembang lain.

Krisis ini pun berdampak terhadap nilai mata uang sejumlah negara di Asia, termasuk Indonesia.

Pekan lalu, bank sentral di Indonesia mempertahankan suku bunga utamanya selama enam bulan berturut-turut. Indonesia memang sedang berjuang untuk menstabilkan nilai rupiah, yang makin menurun setelah China melakukan devaluasi mata uangnya.

Lagarde juga akan berpartisipasi dalam konferensi tingkat regional yang bertema "Masa Depan Keuangan Asia: Pembiayaan untuk Pembangunan 2015" di Jakarta pada tanggal 2 September 2015. Acara ini berjalan atas kerja sama IMF dengan Bank Indonesia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber AFP
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.