Menteri ESDM: Sesuai Arahan Presiden, 35.000 Megawatt Tetap Disiapkan

Kompas.com - 27/08/2015, 17:32 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko
JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said mengatakan, pada siang hari ini dirinya memberikan laporan kepada Presiden RI Joko Widodo tentang perkembangan proyek kelistrikan 35.000 megawatt (MW).

“Soal 35.000 MW, arahan Presiden adalah tetap disiapkan segala sesuatunya,” kata Sudirman ditemui di kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Kamis (27/8/2015).

Sudirman menuturkan, target 35.000 MW merupakan tambahan yang dibutuhkan hingga lima tahun mendatang. Hingga akhir 2014, kapasitas terpasang pembangkit listrik nasional mencapai 53.585 MW.

“Jelas sekali itu adalah target itu adalah kebutuhan. Jadi yang mesti dicari cara adalah bagaimana mencapai target itu,” kata Sudirman.

Sebagaimana diketahui, proyek kelistrikan 35.000 MW ini diragukan banyak pihak bakal terealisasi.

Bahkan beberapa waktu lalu, Menteri Koordinator Kemaritiman Rizal Ramli mengatakan target pemerintah membangun pembangkit listrik 35.000 MW terlalu sulit dicapai. Bahkan, dia menilai bahwa proyek yang dicanangkan Jokowi hinga 2019 itu tak masuk akal.

“Saya akan minta Menteri ESDM dan DEN (Dewan Energi Nasional) untuk lakukan evaluasi ulang mana yang betul-betul masuk akal. Jangan kasih target terlalu tinggi tapi capainya susah, supaya kita realistis,” kata Rizal, Kamis (13/8/2015).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.