Kompas.com - 28/08/2015, 09:47 WIB
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorErlangga Djumena
JAKARTA, KOMPAS.com — Pekan depan, Direktur Operasional Dana Moneter Internasional (IMF) Christian Lagarde akan menyambangi Indonesia. Kedatangan pimpinan lembaga yang dikenal suka memberi pinjaman dana itu atas undangan Bank Indonesia (BI).

Namun, BI membantah kedatangan IMF ke Indonesia bertujuan untuk memberikan pinjaman dana atau utang kepada Indonesia, yang saat ini cadangan devisanya terus tergerus lantaran digunakan untuk menjaga stabilitas nilai tukar rupiah.

"Ah ngaco (bukan mau memberikan pinjaman dana). Kami tanggal 2 September akan menyelenggarakan seminar internasional yang cohost-nya itu Bank Indonesia dan IMF. Jadi, saya Gubernur Bank Indonesia dan direktur managing IMF akan menjadi cohost seminar internasioanal itu," ujar Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo di Kantor BI, Jakarta, Kamis (27/8/2015).

Lebih lanjut, kata dia, seminar itu nantinya akan membicarakan tentang berbagai pandangan mengenai sektor finansial di Asia. Selain itu, isu-isu perkembangan ekonomi dunia terkini juga menjadi topik bahasan seminar tersebut.

"Kami akan membicarakan tentang perkembangan ekonomi dunia, serta bagaimana Asia harus merespons, bagaimana financial inclusion, dan isu-isu ke bank sentral," kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.