Kompas.com - 31/08/2015, 09:54 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com -  Pemerintah mengabulkan  permohonan PT Ogan Komering Ilir Pulp & Paper Mils untuk mendapatkan pengurangan pajak penghasilan (PPh) badan atau lazim disebut tax holiday. Anak usaha Sinarmas Group tersebut mendapatkan tax holiday selama 8 tahun.

"Ditambah dapat 2 tahun keringanan pajak PPh badan sebesar 50 persen setelah 8 tahun itu," kata Managing Director Sinarmas Group Holding Gandi Sulistyanto saat dihubungi Kontan, Jumat (28/8/2015).

Dengan didapatnya tax holiday, PT OKI Pulp & Paper Mils bisa fokus menuntaskan investasinya membangun pabrik kertas di Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan. Selain itu, anak usaha Sinarmas Group ini juga membangun infrastruktur pendukung seperti jalan yang bukan hanya jalan pabrik melainkan juga jalan umum yang bisa dipergunakan masyarakat. "Ditargetkan akhir tahun depan bisa rampung," kata Gandi.

Kepala Bidang Pengajuan Tarif dan Perpajakan Kementerian Perindustrian Reni Yanita mengatakan, PT Ogan Komering Ilir Pulp & Paper Mil berencana melakukan investasi pembangunan pabrik kertas di Kabupaten Ogan Komering Ilir. Nilai investasi yang dikucurkan rencananya sebesar Rp 29,1 triliun.

Menurut dia, nilai investasi PT OKI Pulp & Paper Mils jauh lebih besar dari 3 perusahaan lain yang mendapatkan tax holiday. Sebab PT OKI Pulp & Paper Mils memang membuka wilayah industri baru di daerah yang semula berkategori remote area (daerah terpencil). "Makanya jauh lebih besar," kata Reni.

Tax holiday yang diperoleh 4 perusahaan tersebut mengacu Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 159/PMK 010/2015 Tentang Pemberian Fasilitas Pengurangan Pajak Penghasilan (PPh) Badan pada 16 Agustus lalu. Kementerian perindustrian telah mengajukan 11 perusahaan untuk dapat tax holiday.

Namun sejauh ini baru 4 yang mendapatkannya. Tiga lainnya adalah PT Unilever Oleochemical Indonesia dan PT Petrokimia Butadine Indonesia yang merupakan perusahaan manufaktur. Satu lagi adalah perusahaan energi PT Energi Sejahtera Mas. (Adhitya Himawan)

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.