Amien Rais: Hadapi Krisis, Ekonomi dan Politik Harus Solid

Kompas.com - 03/09/2015, 23:18 WIB
Amien Rais di HOtel Sunan, Solo, Kamis (29/5/2014). KOMPAS.COM/ M WismabrataAmien Rais di HOtel Sunan, Solo, Kamis (29/5/2014).
|
EditorBambang Priyo Jatmiko
YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Mantan ketua MPR yang juga Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat nasional (PAN) Amien Rais menilai perlu adanya penguatan politik dan ekonomi untuk menghadapi kekuatan internal maupun eksternal.

"Pada hakekatnya ada dua bangunan yang paling penting bagi negara. Bangunan Ekonomi dan bangunan Politik," ujar Amien Rais saat jumpa Pers di kediamanya Pandean Sawitsari Condongcatur Sleman, Kamis (03/09/2015).

Amien Rais menuturkan, jika ekonomi hancur negara bisa mengalami dua kemungkinan. Pertama bila politik juga ikut retak dan tidak solid negara bisa runtuh bahkan lenyap dari peta dunia.

"Yang kedua, bila politik cukup kuat kehancuran ekonomi tidak merobohkan negara. Kesatuan politik nasional akan mampu memikul dampak keruntuhan ekonomi," tuturnya.

Karena itu, kedua bangunan itu harus kuat sehingga mampu menghadapi setiap tantangan yang ingin menghancurkan negara, baik internal maupun eksternal. Ia menilai, ditengah kondisi saat ini sebagian menteri dan pemimpin nasional sudah kehilangan kewaskitaan.

"Kita jangan mengira seolah-olah tidak mengalami kritis. Kita tidak boleh bersikap seperti burung unta yang menengelamkan kepala kepasir saat melihat bahaya, berharap ancaman hilang sendiri," tegasnya.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.