Kompas.com - 05/09/2015, 17:52 WIB
Uang rupiah KOMPAS.com/SRI LESTARIUang rupiah
|
EditorJosephus Primus

BANDUNG, KOMPAS.com - Di tengah lesunya perekonomian domestik dan global serta tekanan kurs, Indonesia boleh bernafas agak lega. Sebab, Bank Indonesia (BI) memastikan cadangan devisa (cadev) RI masih aman. "Kalau kita bandingkan dengan standar kecukupan yang ditetapkan oleh IMF (International Monetary Fund) yang sebesar tiga bulan impor, angka yang kita miliki masih sangat baik," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Grup Pengelolaan Relasi BI Arbonas Hutabarat, di Bandung Sabtu (5/9/2015).

BI mencatat, hingga Juli 2015 cadev yang dimiliki mencapai 107,6 miliar dollar AS. Cadev sebesar ini cukup untuk 6,8 bulan impor dan pembayaran kewajiban luar negeri.

Arbonas menuturkan, dibandingkan dengan krisis 1998, fundamental RI saat ini jauh lebih kuat. Pada saat itu cadev RI hanya sebesar 23,76 miliar dollar AS.

Kemudian dia bilang, untuk menjaga kecukupan cadev, BI juga memiliki strategi. "Kita juga memiliki beberapa skema dalam rangka jaga-jaga, seperti bilateral swap arrangements dengan beberapa negara dan juga ada bilateral currency swap," pungkas Arbonas.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.