Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menkeu Perkirakan Perekonomian Tahun 2016 Lebih Baik

Kompas.com - 08/09/2015, 11:48 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro menemui Presiden Joko Widodo, Selasa (8/9/2015), di Istana Negara, Jakarta, untuk melaporkan hasil pertemuan negara-negara G-20 di Turki yang berlangsung beberapa hari lalu. 

Pada kesempatan itu, Bambang menyampaikan bahwa tahun 2015 menjadi tahun yang berat untuk perekonomian banyak negara, termasuk Indonesia.

"Intinya, dari pembicaraan di G-20, tahun 2015 memang tahun yang berat, istilahnya tidak memberikan prospek yang cerah pada siapa pun," kata Bambang.

Oleh karena itu, Bambang memberikan sejumlah masukan agar Presiden Jokowi dapat menjaga perekonomian nasional sampai akhir tahun. Ia memperkirakan, pada 2016 mendatang iklim ekonomi akan membaik dari pada saat ini.

"Tahun depan mungkin prospeknya akan lebih baik, karena lebih ada kepastian mengenai Amerika, China mungkin devaluasinya sudah tertata," ujarnya.

Ia melanjutkan, paket kebijakan ekonomi juga sempat disinggung dalam pertemuannya dengan Presiden. Pesan Jokowi, paket kebijakan tersebut harus mampu menjaga daya beli masyarakat, menderegulasi kebijakan, dan menjaga iklim investasi.

"Jadi, kepastian lebih ada di 2016 dibanding 2015 menjelang akhir tahun ini," ujar Bambang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com