Kompas.com - 08/09/2015, 20:24 WIB
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Marwan Jafar KemendesMenteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Marwan Jafar
EditorJosephus Primus

KOMPAS.com - Gerakan transmigrasi diharapkan bisa menumbuhkan perekonomian di level nasional. Pasalnya, gerakan transmigrasi dinilai bisa menyerap tenaga kerja dan menumbuhkan wirausahawan-wirausahawan baru di kawasan transmigrasi. Demikian disampaikan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Marwan Jafar dalam pidato sambutannya pada pembukaan Transmigrasi Expo 2015 di halaman kantor transmigrasi, Kalibata, Jakarta Selatan, Selasa (8/9/2015).

Menurut Menteri Marwan menjadi transmigran dinilai lebih terhormat daripada sekadar menjadi TKI yang sampai saat ini masih dirundung banyak masalah. “TKI baik yang legal maupun yang ilegal nasibnya semakin hari semakin tidak membahagiakan. Oleh karena itu saya serukan sekali lagi bahwa transmigrasi adalah salah  satu solusi untuk memberikan jalan keluar bagi pengangguran di Indonesia yang kita cintai,” katanya.

Menteri Marwan menambahkan berkembangnya kawasan transmigrasi tentu akan semakin banyak menumbuhkan para wirausahwan-wirausahawan baru yang bisa membantu  meningkatkan perekonomian nasional. “Tentu pemerintah akan men-support dengan memberikan dukungan penuh kepada para wirausahawan di kawasan transmigrasi yang menjadi bagian terpenting yang harus kita sosialisasikan. Sekali lagi, gerakan transmigrasi menjadi bagian untuh untuk menggerakkan wirausahawan dan para interpreuner secara profesional,” tandasnya.

Adanya transmigrasi, menurut Menteri Marawan, sedikit banyak bisa membantu menggerakkan ekonomi Indonesia di level daerah, regional, maupun nasional. “Kita tahu bersama banyak transmigran kita dengan kisah yang sukses telah membantu perekonomian kita dan tentu pula membantu perekonomian kita secara langsung dan tidak langsung juga membantu perekonomian kita secara nasional. Ini patut kita apresiasi, bahwa transmigrasi bisa mendorong ekonomi kita di level nasional,” imbuh Menteri Marwan.

Di sisi lain, gerakan transmigrasi tak hanya sekedar menyerap tenaga kerja. Gerakan transmigrasi, menurut Menteri Marwan juga bisa meningkatkan semangat dan membangun
solidaritas kita sesama anak bangsa. “Tentu gerakan transmigrasi ini bisa menumbuhkan kohesifitas sosial kita melalui transmigran , melalui anak-anak transmigran kita, dan melalui gerakan transmigran secara nasional, bahwa transmigrasi ini adalah solusi nasional bagi perkembangan ekonomi nasional kita,” imbuhnya.

Di akhir sambutannya, Menteri Marwan berharap ke depannya bisa menyelenggarakan Transmigrasi Expo yang lebih semarak lagi dan bisa diselenggarakan di kawasan transmigrasi. “Mudah-mudahan expo yang akan datang jauh lebih semarak lagi, dan kita bisa menyelenggarakan Transmigrasi Expo di daerah yang membutuhkan perhatian kita semua,” demikian Menteri Marwan Jafar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.