Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bank Mandiri Salurkan Kredit ke Sektor Kelapa Sawit Rp 57,4 Triliun

Kompas.com - 09/09/2015, 18:49 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Penyaluran kredit PT Bank Mandiri Tbk ke sektor sawit dan turunannya mencapai Rp 57,4 triliun per akhir Juli 2015. Jumlah tersebut tumbuh 5,13 persen dari periode yang sama pada tahun sebelumnya sebesar Rp 54.6 triliun.

Dari total pembiayaan  tersebut, pembiayaan khusus pada pengembangan perkebunan kelapa sawit (on farm) mencapai Rp 49,7 triliun, sedangkan pembiayaan pada sektor off farm, yang meliputi produk turunan kelapa sawit baik refinery maupun oleochemical mencapai Rp 7,7 triliun.

Senior Vice President Corporate Banking Bank Mandiri Indarto Pamoengkas menuturkan pengembangan industri kelapa sawit secara terencana, efisien dan sesuai aturan yang berlaku akan membuat industri ini kokoh dan sehat.

“Kami senantiasa meningkatkan kualitas pembiayaan dengan melakukan kajian rutin mengenai industri kelapa sawit baik melalui riset internal maupun dengan melibatkan pihak eksternal yang kompeten, mencakup semua aspek baik mikro maupun makro sehingga dapat membantu kami menjaga kualitas kredit secara optimal,” kata Indarto dalam keterangan resmi, Rabu (9/9/2015).

Dalam kaitannya dengan industri kelapa sawit, pemerintah melalui Badan Pengelola Dana Perkebunan Sawit (BPDP Sawit) telah menunjuk Bank Mandiri sebagai Bank penerima pembayaran pungutan ekspor sawit. Hal itu tertuang dalam nota kesepahaman bersama mengenai pengembangan kelapa sawit Indonesia.

"Bank Mandiri berkomitmen penuh dengan menyediakan jasa dan layanan perbankan serta informasi dalam menghimpun, mengelola dan menyalurkan dana pungutan ekspor sawit," kata Indarto.

Sebagai wujud dukungan Bank Mandiri dalam pengembangan industri kelapa sawit Indonesia adalah dengan berpartisipasi dalam Palm Oil Industry Development Conference (POIDEC) 2015 di Hotel Borobudur tanggal 9 – 10 September 2015.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com