Proyek 35.000 MW Terwujud, PLN Siap Beri Diskon Pelanggan Industri

Kompas.com - 10/09/2015, 13:45 WIB
EditorErlangga Djumena
JAKARTA, KOMPAS.com - Jika proyek pembangkit listrik 35.000 megawatt terealisasi, PT PLN (Persero) berniat memberikan potongan tarif tenaga listrik untuk pelanggan industri.

Direktur Utama PT PLN Sofyan Basir mengatakan, efisiensi dan pasokan listrik untuk kebutuhan industri akan terpenuhi apabila proyek tersebut sudah berjalan.

"Diskon lima persen untuk listrik industri tidak akan membuat PLN bangkrut," ujar Sofyan, Rabu (9/9/2015) malam.

Namun demikian, Sofyan juga akan meminta pemerintah memberikan diskon 10 persen sehingga total menjadi 15 persen.

Sofyan memaparkan dengan adanya keringanan tarif listrik sektor industri, investasi untuk pertumbuhan bisa berkembang dan bisa menyerap tenaga kerja. "Subsidi listrik mengembangkan investasi industri," ungkap Sofyan.

Sofyan juga berharap keinginannya tersebut bisa didengar Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Pasalnya, hal itu baru bisa direalisasikan dua hingga tiga tahun lagi, mengingat saat ini masih ada penyesuaian tarif listrik di sektor industri.

Untuk memuluskan rencana tersebut, PLN akan melakukan kajian khusus untuk subsidi listrik selama satu tahun ke depan. (Adiatmaputra Fajar Pratama)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.