Kompas.com - 11/09/2015, 07:52 WIB
EditorErlangga Djumena
NEW YORK, KOMPAS.com - Apple dan beberapa saham teknologi lainnya mendorong pasar saham Amerika Serikat (Wall Street) berakhir lebih tinggi pada Kamis (10/9/2015) waktu setempat (Jumat pagi WIB), menjelang pertemuan kebijakan moneter Federal Reserve AS yang sangat ditunggu pada pekan depan.

Indeks komposit teknologi Nasdaq ditutup menguat 39,72 poin (0,84 persen) pada 4.796,25. Dow Jones Industrial Average naik 76,83 poin (0,47 persen) menjadi 16.330,40.  Indeks berbasis luas S&P 500 bertambah 10,25 poin (0,53 persen) ke posisi 1.952,29.

Apple melonjak 2,2 persen sehari setelah meluncurkan serentetan produk-produk baru telepon pintar, tablet, dan televisi.

Saham biotek seperti Gilead Sciences dan Biogen juga mencatat keuntungan besar, masing-masing naik 3,3 persen dan 3,0 persen.

Charlie Bilello dari Pension Partners mengatakan investor semakin percaya bahwa The Fed tidak mungkin membuat lompatan untuk menaikkan suku bunga acuan tingkat nol pada pertemuan kebijakan Rabu dan Kamis depan.

"Ada peningkatan harapan bahwa mereka tidak akan melakukan apa-apa," kata dia.

"Pandangan saya adalah bahwa mereka tidak bergantung data, mereka bergantung pasar saham."

Selain Apple, emiten kuat di Dow termasuk raksasa farmasi Merck naik 1,5 persen dan Pfizer bertambah 2,1 persen.

ZS Pharma, perusahaan biofarmasi yang jauh lebih kecil, melonjak 28,6 persen setelah Bloomberg melaporkan perusahaan itu telah didekati oleh Actelion yang berbasis Swiss dalam kesepakatan yang akan menghargai ZS sekitar 2,5 miliar dollar AS.

Raksasa makanan ringan Mondelz International naik 0,9 persen karena mengonfirmasi bahwa mereka mengharapkan pertumbuhan pendapatan bersih minimal tiga persen pada 2015.

Perusahaan juga mengumumkan rencana untuk mengangkat pangsa pendapatannya dari makanan ringan kesehatan menjadi 50 persen pada 2020.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber AFP/ANTARA
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.