Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rizal Ramli: Kita Minta Tolong Airbus Bangun "Training Center" di Bandung

Kompas.com - 11/09/2015, 22:46 WIB
Estu Suryowati

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Satu dari empat sektor yang diminati Perancis untuk dikembangkan bersama Indonesia adalah aeronautika. Pusat pelatihan (training center) dan perawatan (maintenance) helikopter rencananya akan dikembangkan di Bandung, dengan menggandeng PT Dirgantara Indonesia (Persero) (PTDI).

Demikian disampaikan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli usai menerima kunjungan Duta Besar Republik Perancis untuk Indonesia Mrs. Corinne Breuze, di Jakarta, Jumat (11/9/2015).

Rizal kepada wartawan menjelaskan, hubungan Indonesia-Perancis sangat erat dalam industri penerbangan. Pesawat produksi Airbus banyak digunakan oleh maskapai Indonesia. “Kita ingin minta tolong supaya Airbus membangun training center di Bandung untuk aeronautika,” kata Rizal.

Selain pusat pelatihan, Rizal juga meminta agar ada kerjasama pembangunan pusat perawatan helikopter. Penggunaan helikopter di Indonesia makin lama makin banyak. “Maintenance helikopter itu selalu ke Singapura. Kita ingin maintenance helikopter itu dilakukan di Bandung, dengan bantuan Perancis,” tutur Rizal.

Tentu saja, kata dia, pemerintah akan mendorong pusat pelatihan dan pusat pemeliharaan helikopter itu untuk menggandeng PT DI, BUMN di bidang kedirgantaraan. “Kami harap kerjasama training center dan maintenance helikopter itu dengan PTDI,” tandas Rizal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com