Rizal Ramli: Kita Minta Tolong Airbus Bangun "Training Center" di Bandung

Kompas.com - 11/09/2015, 22:46 WIB
|
EditorErlangga Djumena
JAKARTA, KOMPAS.com – Satu dari empat sektor yang diminati Perancis untuk dikembangkan bersama Indonesia adalah aeronautika. Pusat pelatihan (training center) dan perawatan (maintenance) helikopter rencananya akan dikembangkan di Bandung, dengan menggandeng PT Dirgantara Indonesia (Persero) (PTDI).

Demikian disampaikan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli usai menerima kunjungan Duta Besar Republik Perancis untuk Indonesia Mrs. Corinne Breuze, di Jakarta, Jumat (11/9/2015).

Rizal kepada wartawan menjelaskan, hubungan Indonesia-Perancis sangat erat dalam industri penerbangan. Pesawat produksi Airbus banyak digunakan oleh maskapai Indonesia. “Kita ingin minta tolong supaya Airbus membangun training center di Bandung untuk aeronautika,” kata Rizal.

Selain pusat pelatihan, Rizal juga meminta agar ada kerjasama pembangunan pusat perawatan helikopter. Penggunaan helikopter di Indonesia makin lama makin banyak. “Maintenance helikopter itu selalu ke Singapura. Kita ingin maintenance helikopter itu dilakukan di Bandung, dengan bantuan Perancis,” tutur Rizal.

Tentu saja, kata dia, pemerintah akan mendorong pusat pelatihan dan pusat pemeliharaan helikopter itu untuk menggandeng PT DI, BUMN di bidang kedirgantaraan. “Kami harap kerjasama training center dan maintenance helikopter itu dengan PTDI,” tandas Rizal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.