Pembebasan Lahan Tol Trans Sumatera Selesai Akhir Tahun

Kompas.com - 21/09/2015, 20:38 WIB
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono. Icha RastikaMenteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono.
|
EditorJosephus Primus

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono mengatakan, perkembangan pembebasan lahan tol Trans Sumatera telah hampir mencapai final, di beberapa ruas. Pembebasan ruas Tol Bakauheni-Terbanggi Besar ditargetkan selesai pada Oktober 2015. "Yang di Bakauheni tanggal 28 September akan bebas, yang di Terbanggi Besar sekitar 15 Oktober 2015," kata Basuki ditemui di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Senin (21/9/2015).

Basuki menambahkan, pada bagian ujung ruas tol tersebut ditargetkan pembayaran pembebasan lahan dapat dilakukan pada 20 Oktober 2015. Total dana yang digelontorkan untuk pembebasan ruas tol Bakauheni-Terbanggi Besar mencapai Rp 800 miliar. "Jadi kira-kita akhir Oktober ini semua sudah bisa jalan," kata Basuki.

Sementara itu, Basuki menuturkan ruas tol Palembang-Indralaya pun sudah tidak ada masalah. "Medan-Binjai juga bisa semua. Kira-kira November sudah terbayar," sambung dia.

Basuki mengatakan, diperkirakan pada  Desember tahun ini, proses konstruksi untuk seksi I dan seksi II sudah bisa dimulai.

Sayangnya, perkembangan ruas tol lainnya belum sepesat Bakauheni-Terbanggi Besar, ataupun Palembang-Indralaya. Ruas tol Kandis-Dumai misalnya. Basuki mengatakan baru sebagian kecil yang bisa dilakukan pembayaran pembebasan lahan. "Karena masih ada masalah tata ruang. Jadi di Kepulauan Riau itu belum ada perda tata ruang," pungkas Basuki.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.