Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menteri Thomas: Yang Harus Kita Korbankan adalah Ego

Kompas.com - 25/09/2015, 10:00 WIB
Estu Suryowati

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perdagangan Thomas (Tom) Lembong, Jumat (25/9/2015) ini, secara simbolis menyerahkan hewan kurban berupa 36 ekor sapi dan 3 ekor kambing dari karyawan eselon I, II, dan III, bahkan karyawan honorer kepada masyarakat kurang mampu, serta sebagian ke yayasan.

Dalam sambutannya, Tom menyampaikan, ritual kurban merupakan bukti ketaatan umat Nabi Muhammad pada ajaran Islam. Kurban menjadi peringatan dari bentuk ketaatan Nabi Ibrahim yang diperintahkan oleh Allah SWT untuk mengorbankan putra kesayangannya, Ismail. "Karena ketaatannya maka diganti sama Allah dengan domba," kata Tom. 

Mengambil hikmah dari peringatan ini, Tom mengatakan, dalam kondisi perekonomian yang memprihatinkan seperti sekarang, para pejabat dan abdi negara juga harus mengorbankan egonya. "Yang harus kita korbankan adalah ego. Ego ini harus dipotong," ucap Tom. 

Tom juga menyampaikan, hal tersebut merupakan kewajiban pemerintah. Sebab, kata dia, apabila pemerintah enggan mengorbankan egonya, maka yang akan menjadi korban adalah masyarakat banyak.

Proses serah terima hewan kurban dilaksanakan di halaman Kantor Kementerian Perdagangan. Sejumlah pejabat hadir, di antaranya Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Srie Agustina dan Plt Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Karyanto Suprih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com